#renungan

*TUHAN MAU MENGIKUTSERTAKAN KITA*

Rabu 10 Jul 2019

_`Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan` (Mat 10:1)_


Tuhan Yesus memilih dan mengutus dua belas Rasul. `Rasul` mengandung arti `yang diutus`. Dalam arti tertentu, kita juga `rasul-rasul` Tuhan Yesus: kita dipilihNya untuk menjadi utusan-utusan-Nya mewartakan Kabar Gembira dan menyelamatkan jiwa-jiwa.

Seorang anak kecil melihat ayahnya dan kakak-kakaknya sedang sibuk membangun rumah. Ia berdiri dan mengamati mereka dengan penuh minat, tetapi ia tidak berani mendekat karena tahu dirinya tidak bisa melakukan pekerjaan mereka yang besar itu. Melihat ini, si ayah kasihan dan berkata, `Nak, tolong ambilkan ember kecil itu.` Ini dikatakannya tidak karena ia membutuhkan pertolongan anaknya. Ia bisa mengambilnya sendiri. Akan tetapi, karena cin-tanya kepada si anak, ia mau mengikutsertakannya dalam pekerjaannya. Bisa jadi, keikutsertaan si anak justru merepotkannya karena si anak sebetulnya tidak bisa apaapa.

Mungkin seperti itulah, Tuhan Yesus mengikutsertakan kita, manusia, untuk menjadi mitra kerja-Nya dalam karya penyelamatan-Nya. Ini dilakukan-Nya tidak karena Ia membutuhkan kita. Allah tidak membutuhkan apa-apa. Kerendahan hati dan kasih-Nya kepada kitalah yang membuatNya mengikutsertakan kita. Tidakkah seringkali kita lebih merepotkan Dia daripada membantu-Nya menyelamatkan jiwa-jiwa? Namun, Ia tetap memanggil kita semua untuk menjadi utusan-Nya, `rasul-rasul-Nya`, bahkan melengkapi kita dengan kuasa-Nya!

*_Fr. Flavianus Maria, CSE_*

Rabu 10 Jul 2019
Kej 41:55-57; 42:5-7.17-24; Mzm 33:2-3.10-11.18-19 Mat 10:1-7

Sumber:
*Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"*
http://www.renunganpkarmcse.com

*Join WA-Grup RenunganPKarmCSE, klik (pilih salahsatu)*
https://chat.whatsapp.com/LbrXbsn2V9K1lL8CfOk0aN
atau
https://chat.whatsapp.com/Fm97PkK2pWOL9cYpY1Bk1r
atau
http://renunganpkarmcse.com/wagrup