Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







BELAS KASIHAN TUHAN


Minggu 11 Feb 2018

Hari Minggu Biasa VI
Hari Orang Sakit Sedunia


Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: 'Aku mau, jadilah engkau tahir' (Mrk 1: 41)

Im 13:1-244-46; Mzm 32:1-2511; 1Kor 10:31-11:1 Mrk 1:40-45
---o---

Kulit seorang penderita kusta itu sangat me- nyeramkan, berwarna merah dan melepuh. Hal ini membuat penderita kusta dijauhi orang. Mereka juga tidak diijinkan mengikuti ibadat karena dalam keadaan itu mereka dianggap tidak cukup bersih untuk masuk ke tempat suci, bait Allah.

Ketika melihat orang kusta ini, Yesus tidak mengusir atau menghindarinya, akan tetapi Dia menyentuhnya dengan penuh belas kasih, bahkan menyembuhkannya seketika itu juga. Yesus 'tergerak hati-Nya' atau 'ikut merasakan', dalam bahasa Yunani: 'splagkhnistheis'. Sikap belas kasihan ini merupakan dasar dari karya Yesus. Dia menyentuh kita yang berdosa dan membebas- kan kita dari belenggu dosa dan maut. Belas kasihan-Nya mengalahkan segalanya.

Belas kasihan Tuhan harus ditanggapi dengan ketaatan. Sebab ketidaktaatan akan menghambat kesak- sian kita bahwa Yesus adalah Allah yang hidup. Ketaatan kepada perintah-Nya merupakan wujud dari kasih dan syukur kita; Pelayanan kita bukan untuk mencari kepua- san atau kepentingan pribadi tetapi membawa sesama kepada pengalaman kerahiman Allah.


(Sr. M. Sesilia L., P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2018 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.