Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







AWAL DAN AKAR KERUNTUHAN


Selasa 27 Nov 2018

`Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu [`] berkatalah Yesus: `Apa yang kamu lihat di situ [`] semuanya akan diruntuhkan.` (Luk 21:5-6)

Why 14:14-20; Mzm 96:10-13; Luk 21:5-11
---o---

Betapa terkejutnya para murid Yesus ketika mereka sedang mengagumi kemegahan Bait Allah, Yesus mengatakan bahwa semua itu akan diruntuhkan. Memang, di kemudian hari apa yang dikatakan Yesus ini terjadi. Menyedihkan, bukan? Bait Allah yang merupakan kebanggaan bangsa Israel, yang mereka anggap tempat kediaman Allah yang Mahakudus, di mana mereka menyimpan Tabut Perjanjian, yang selama ini menjadi tanduk kemenangan mereka, ternyata diruntuhkan dan jatuh ke tangan musuh mereka! Sungguh, kekalahan dan kehancuran yang mengenaskan! Mengapa itu terjadi? Allah tidak berdaya memeluk, menggendong, dan menyelamatkan Israel dari musuh mereka? Sama sekali tidak. Akar kehancuran itu adalah Israel sendiri yang melepaskan diri dari pelukan dan gendongan Allah! Ya, mereka sendiri yang melepaskan diri dari pelukan Allah melalui `perselingkuhan-perselingkuhan rohani` mereka, ketidaksetiaan mereka berbakti kepada Allah, pengabaian mereka terhadap Hukum-hukum Allah dan perjanjian dengan-Nya.

Kita adalah bait Allah juga. Apa yang menimpa Israel dan Bait Allah itu bisa menimpa kita. Walaupun saat dibaptis kita menerima Roh Allah dan menjadi kediaman-Nya yang megah, namun jika kita tidak setia, kita bisa jatuh ke tangan musuh, yaitu iblis!


(Sr. M. Nathalina, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2018 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.