Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







PERANAN KELUARGA


Minggu 30 Des 2018

Pesta Keluarga Kudus: Yesus, Maria, Yusuf

`Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu` (Luk 2:41-52)

1Sam 1:20-22.24-28 atau Mzm 84:2-3.5-6.9-10; 1Yoh 3:1-2.21-24; Luk 2:41-52
---o---

Keluarga mempunyai nilai yang sangat penting bagi Allah. Oleh karena itu, Yesus, Allah yang menjelma menjadi manusia, tinggal di tengah keluarga St. Yusuf dan Bunda Maria. Yesus lahir, dididik dan dibesarkan dalam keluarga yang penuh kasih. Dia dikelilingi oleh kehangatan dan rasa nyaman serta aman dalam keluarga.

St. Yusuf dan Bunda Maria, sebagai orang tua, sangat berperan dalam kehidupan Yesus. Pada usia dua belas tahun Yesus pergi bersama orangtua-Nya ke Bait Allah di Yerusalem. Mereka merayakan hari raya Paska Yahudi untuk memeringati pembebasan Israel dari perbudakan di Mesir. Kita lihat, mereka membiasakan anak mereka sejak usia dini percaya dan bergaul dengan Allah Israel, mengenal hukum Allah, dan terbiasa berdoa bersama. Pada zaman itu orang pergi ke Bait Allah bersama-sama secara berkelompok. Mereka bersama-sama dengan orang satu desa atau satu keluarga. Dalam perjalanan itu biasanya mereka juga akan menyanyikan lagu-lagu ziarah dari Kitab Mazmur.

Pada bacaan hari ini, pada pesta Keluarga Kudus, kita melihat pentingnya peranan keluarga dalam pertumbuhan iman anak-anak. Apakah Anda telah memperkenalkan Yesus kepada anak-anak Anda?


(Sr. M. Sesilia L., P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.