Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







AKU BUKAN MESIAS


Sabtu 12 Jan 2019

`Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil` (Yoh 3:20)

1 Yoh 5:14-21; Mzm 149:1-6.9; Yoh 3:22-30
---o---

Para murid Yohanes berkata kepada gurunya, `Rabi, ` Dia membaptis juga dan semua orang pergi kepada-Nya` (Yoh 3:26). Mungkin, mereka mengatakannya atau `melaporkannya` dengan sikap batin agak emosi dan takut-takut kalau gurunya akan tersaingi oleh `Si Orang yang juga Membaptis` itu. Mereka takut kalau gurunya `kalah pamor` dan semua pengikut mereka meninggalkan mereka. Akan tetapi, Yohanes menjawab dengan rendah hati bahwa dia bukan Mesias. Lebih lanjut, dia katakan bahwa dia harus makin kecil dan Mesias harus makin besar.

Sangat disayangkan bahwa di antara karya-karya pewartaan dan evangelisasi (maupun re-evangelisasi) terjadi persaingan-persaingan. Masing-masing pihak merasa dan mengatakan bahwa dirinya mewartakan Mesias, tetapi mereka takut tersaingi oleh pihak-pihak lain yang juga mewartakan Mesias. Pihak yang satu takut kalau karya pewartaan yang lain (entah itu retret, KRK, camping, dll) lebih `sukses` daripada karyanya. Mengapa ini terjadi? A.l., karena mereka lupa diri. Mereka lupa bahwa mereka bukan Mesias! Tanpa sadar, mereka merasa atau bersikap sebagai `mesias` sehingga nama merekalah yang harus diwartakan dan dibesarkan. Jika sungguh mereka sadar bahwa mereka bukan Mesias dan jika mereka sungguh tulus ingin mendekatkan orang kepada Mesias, tentu mereka akan sangat gembira jika makin banyak orang mendekat kepada Mesias, tanpa peduli siapa yang mendekatkannya.


(Sr. M. Andrea, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.