Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







PEPERANGAN ROHANI


Senin 18 Feb 2019

`Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya` (Kej 4:7b)

Kej 4:1-15.25; Mzm 50:1.8.16-17.20-21
---o---

Setiap saat kita menghadapi peperangan rohani (bdk. Ef 6:12) karena roh jahat selalu mengintai dan menanti waktu yang tepat untuk menyerang kelemahan-kelemahan kita (bdk. Luk 4:13). Mereka akan menunggu dengan sabar, karenanya kita harus terus berjaga-jaga. Pada ayat di atas dikatakan `engkau harus berkuasa atasnya`. Dapatkah kita menguasai dosa yang sangat menggoda tersebut? Jawabannya adalah `Ya, kita dapat!` Yesus sudah mengalahkan dosa dan maut. Maka, kita harus bersekutu dengan-Nya untuk berperang melawan dosa.

Bagaimana caranya? Cara praktis yang dapat dilakukan adalah memakai pedang roh, yaitu sabda Tuhan. Kita dapat mencontoh Yesus yang digoda iblis di padang gurun. Iblis menawarkan berbagai kenikmatan dunia. Yesus melawan setiap godaan iblis dengan sabda Tuhan, maka sangat penting bagi kita untuk terus-menerus mengasah pedang roh ini, yaitu dengan membaca dan meresapkan firman Tuhan, sehingga saat godaan datang menyerang, kita dapat melawannya. Cara lain adalah bersekutu dengan Yesus adalah berdoa tanpa kunjung putus (bdk. Ef 6:18) dan menerima Sakramen. Kita harus mempererat relasi dengan sekutu kita, yaitu Allah, sehingga kita semakin kuat. Melalui Sakramen Ekaristi kita disatukan dengan tubuh dan darah Yesus sendiri dan melalui Sakramen Tobat kita melakukan rekonsiliasi dengan Tuhan dan menolak yang jahat. Maka, dalam Yesus kita dapat berkuasa atas dosa!


(Sr. M. Louisa, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.