Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







TELADAN PENGABDIAN


Jumat 22 Feb 2019

Pesta Tahta S. Petrus, Rasul

`Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hambahambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka` (Mat 25:14)

1Ptr 5:1-4; Mzm 23:1-6; Mat 16:13-19
---o---

Petrus menulis surat ketika orang Kristen mengalami penganiayaan pada masa kekaisaran Romawi, di bawah pemerintahan Kaisar Nero, karena ia melihat bahwa untuk bertahan di tengah-tengah dunia yang jahat, umat membutuhkan seorang pemimpin yang dapat menjadi teladan bagi mereka.

Dalam suratnya ia mendefinisikan diri sebagai `teman penatua dan saksi penderitaan Kristus`, bukan sebagai atasan atau manager seperti di dunia kerja. Gembala yang sejati perlu memiliki kerelaan hati membantu orang lain bertumbuh dalam iman, dan tidak berusaha mengejar kedudukan, kekayaan, dan ketenaran.

Gembala yang dekat dan mengenal Sang Gembala Agung, yaitu Yesus, akan memiliki kerendahan hati, tidak lekat pada penghargaan diri dan memiliki iman yang hidup. Ia akan mengabdikan diri bagi `kawanan domba` yang dipercayakan kepadanya. Kesuksesan seorang gembala tidak terletak pada kecakapan dalam mengawasi dan memerintah, tidak pula tergantung pada titel akademis, atau keahlian dalam hal administrasi dan kepandaian berbicara. Di tengah dunia yang memiliki banyak tantangan, gembala sejati selalu ingin hadir melindungi kawanan domba, umatNya, serta rindu menghadirkan Sang Gembala Sejati dengan tindakan, semangat, pengharapan dan penghiburan.


(Sr. M. Eusebia, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.