Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







TUNAS ROHANI YANG BERTUMBUH


Minggu 03 Mar 2019

Hari Minggu Biasa VIII

`Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon` (Mzm 92:13)

Sir 27:4-7; Mzm 92:2-3.13-16; 1Kor 15:54-58; Luk 6:39-45
---o---

Melalui Injil hari ini Tuhan berpesan kepada kita supaya kita jangan hidup seperti orang munafik, yang tidak mengenal dirinya, sehingga dia seperti orang buta yang melihat serpihan di mata orang lain, tetapi tidak melihat ba- lok di mata sendiri. Tuhan ingin agar kita berusaha untuk menjadi orang benar, yaitu orang yang hidup jujur, apa ada- nya, dengan segala kebaikan dan kelemahannya, dan Tuhan akan memihak kita serta memberi kita rahmat dan kekuat- an yang membuat kita selalu bertumbuh dan berkembang seperti pohon kurma yang bertumbuh lurus, tinggi menuju Allah dan selalu menghijau.

Betapa pentingnya mengenal diri sendiri dengan segala keterbatasannya, menerimanya, dan menyandarkan diri ki- ta kepada `Yang Ada`, yaitu kepada Yesus, Batu Karang kita yang kokoh kuat. Mari kita tanggalkan kepura-puraan kita, alias membuka `topeng-topeng` kita, dan tampil apa adanya karena kita tahu bahwa kita selalu diterima Yesus.

St. Agustinus berdoa, `Tuhan, semoga aku mengenal Engkau dan mengenal diriku.` Sesuatu yang hitam akan tampak semakin jelas ke-hitam-annya jika diletakkan di sam- ping sesuatu yang putih. Kita akan semakin mengenal keke- cilan kita jika kita juga mengenal kebesaran Tuhan. Dengan demikian, kita akan semakin rendah hati. Selain itu, jika kita hanya mengenal kekecilan diri kita, tanpa mengenal kebe- saran kasih dan kerahiman Tuhan, kita akan putus asa.


(Sr. M. Vianney, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.