Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







KEMULIAAN TUHAN


Minggu 17 Mar 2019

Hari Minggu Prapaskah II

`Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan` (Luk 9:29)

Kej 15:5-12.17-18; Mzm 27:1.7-9.13-14; Flp 3:17-4:1 (Flp 3:20-4:1); Luk 9:28-36
---o---

Anda menyaksikan kemuliaan Tuhan? Tuhan sangat ingin berbagi kemuliaan-Nya dengan kita! Kita bisa sekilas membayangkan ini saat beberapa murid menyaksikan Yesus bertransfigurasi dalam kemuliaan di atas gunung yang tinggi. Ketika Musa bertemu dengan Tuhan di Gunung Sinai, kulit mukanya bercahaya karena ia telah berbicara dengan Tuhan (lih. Kel 34:29). Paulus mengatakan bahwa umat Israel tidak bisa melihat wajah Musa karena wajahnya sangat terang (lih. 2Kor 3:7). Dalam kisah Injil, Yesus menampakkan diri dalam kemuliaan bersama dengan Musa `sang pemberi hukum bangsa Israel` dan Elia `nabi terbesar dari para nabi`, di hadapan tiga rasul-Nya (Petrus, Yakobus, dan Yohanes).

Injil Lukas mengatakan kepada kita bahwa sementara Yesus berubah rupa, Petrus, Yakobus, dan Yohanes sedang tidur (Lukas 9:32)! Sewaktu terjaga dari tidur, mereka menemukan Yesus dalam kemuliaan bersama dengan Musa dan Elia. Berapa banyak kita kehilangan kemuliaan dan tindakan Allah karena kita tertidur secara rohani? Ada banyak hal yang dapat membuat pikiran kita tertidur untuk hal-hal Allah, a.l. kelesuan mental dan `hidup yang tak terpuji`. Ini bisa membuat kita tidak berpikir secara benar dan menyeluruh dalam menghadapi berbagai keraguan dan pertanyaan. Prasangka bisa membuat kita buta terhadap sesuatu yang baru yang mungkin Tuhan tunjukkan bagi kita. Kesedihan bisa menjadi penghalang besar untuk bisa melihat masa lalu itu sebagai suatu bentuk kemuliaan Allah. Apakah Anda berjaga terus secara rohani? Tuhan ingin mengungkapkan kemuliaan-Nya kepada kita, apakah kita menginginkannya?


(Fr. Flavianus Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.