Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







AMPUNILAH !


Senin 18 Mar 2019

Pfak S. Sirilus dr Yerusalem, UskPujG

`...Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni` (Luk 6:37)

Dan 9:4b-10; Mzm 79:8-9.11.13; Luk 6:36-38
---o---

Hati yang gembira adalah obat, demikian lirik sebuah lagu. Mungkin, Anda mengenal lagu ini, bahkan sering menyanyikannya. Namun, pernahkah Anda mengalami lirik lagu ini dalam hidup sehari-hari? Hati yang gembira tidak selalu berarti orang yang memilikinya pasti sedang menerima hadiah, menerima peristiwa dan perlakuan yang menyenangkan, dll. Satu poin penting dari hati yang gembira adalah hati yang terbebas dari segala macam hal-hal yang negatif, a.l. kemarahan, iri hati, dan yang paling sering terjadi dewasa ini, yaitu dendam atau `sulit mengampuni`.

Banyak orang menganggap bahwa mengampuni berarti menyerah dan merupakan sebuah kelemahan. Ini pemikiran yang salah. Seseorang pernah berkata, `Harga diri saya bakal jatuh, kalau saya memaafkan dia.` Sungguh memrihatinkan jika kita pun berpikir demikian. Yesus mengatakan bahwa jika kita mengampuni, maka kita akan diampuni. Dengan mengampuni kita menerima rahmat yang jauh lebih besar. Siapa di antara kita yang berani mengatakan bahwa ia tidak berdosa? (bdk. Yoh 8:7-9).

Selain itu, banyak orang yang sembuh dari penyakit fisik dan batin karena mengampuni. Sekali lagi, hati yang gembira adalah obat. Semuanya tergantung dari kita, karena mengampuni adalah suatu keputusan yang bebas. Maukah Anda mengampuni?

Tuhan, mampukanlah kami mengampuni siapa pun, termasuk diri kami sendiri.


(Sr. M. Ellen, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.