Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







DALAM KEHENINGAN HATI


Selasa 19 Mar 2019

Hari Raya S. Yusuf, Suami SP Maria

`... Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya` (Luk 2:51)

2Sam 7:4-5.12-14.16; Mzm 89:2-5.27.29; Rm 4:13.16-18.22; Mat 1:16.18-21.24 /Luk 2:41-51
---o---

Menyimpan perkara dalam hati. Ini adalah sikap Bunda Maria yang sangat sederhana, namun memiliki arti yang sangat dalam. Harus kita akui bahwa banyak dari antara kita sangat sukar untuk menyimpan sesuatu di dalam hati. Di dunia ini kita seolah-olah terbiasa dengan segala sesuatu yang `show off`. Coba lihat di media sosial (facebook, instagram, dll.). Seluruh dunia bisa tahu ke mana seseorang pergi. Bahkan, media sosial bisa menjadi tempat bagi seseorang untuk membicarakan orang lain, terutama kekurangan mereka, tetapi dengan mudahnya ia menceritakan `kehebatan` dirinya sendiri. Betapa sukarnya untuk menyimpan perkara di dalam hati!

Mari kita lihat kehidupan kita, jika kita menghadapi masalah, apakah yang pertama dan terutama kita lakukan? Kita bicara kepada Tuhan atau kepada teman? Apakah kita cenderung lebih dapat mengungkapkan isi hati kita kepada teman daripada kepada Tuhan? Betapa sukarnya bagi kita untuk kembali ke dalam hati kita sendiri dan menemukan Tuhan di sana. Sadarkah kita bahwa Tuhan menunggu agar kita menemui Dia di dalam keheningan hati kita?

Jadi, satu poin penting dari sikap Bunda Maria `menyimpan segala perkara dalam hati` adalah membawa segala perkara itu kepada Tuhan, mengandalkan Tuhan, bukan mengandalkan kekuatan sendiri. `Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku` (Flp 4:13), demikian kata St. Paulus.


(Sr. M. Dominica, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.