Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







BIMBINGAN ROH KUDUS


Rabu 27 Mar 2019

`Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa` (Ul 4:6)

Ul 4:1.5-9; Mzm 147:12-13.15-16.19-20; Mat 5:17-19
---o---

Dengan perantaraan Musa Tuhan memberikan Sepuluh Hukum Allah yang ditulis pada dua loh batu (bdk. Kel 31:18) kepada bangsa Israel. Kemudian hari, melalui Nabi Yeremia, Tuhan bersabda, `Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; .... Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku` (Yer 31:33b-34).

Pada hari Pentakosta tampak jelas bahwa sabda Tuhan itu digenapi, yaitu melalui kedatangan Roh Kudus ke dalam hati para murid Kristus. Roh Kudus ini tidak hanya memberitahu kita apa yang harus kita lakukan, tetapi juga memampukan kita untuk melakukannya.

Roh Kudus yang tinggal dalam hati kita masing-masing ini sungguh-sungguh mau membimbing kita. Ia memberi dorongan-dorongan untuk berbuat baik dan pada saat kita melakukan dosa Ia mengingatkan kita sehingga hati kita menjadi gelisah.

Roh Kudus senantiasa mau membimbing kita, termasuk dalam mengambil keputusan-keputusan. Dalam Perjanjian Baru, misalnya dalam Kisah Para Rasul, kita bisa melihat keakraban para murid Kristus dengan Roh Kudus, bagaimana Roh Kudus membimbing mereka. Misalnya: `... Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia` (Kis 16:6).


(Sr. M. Louisa, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.