Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







DENGARKAN DULU!


Sabtu 06 Apr 2019

Hari Sabtu Imam

`Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?` (Yoh 7:51)

Yer 11:18-20; Mzm 7:2-3.9-12; Yoh 7:40-53
---o---

Suatu ketika sebuah keluarga duduk bersama menonton suatu acara berita di televisi tentang kejahatan yang sedang terjadi. Si ibu dengan antusias menghakimi perbuatan orang tersebut dan penghakimannya itu `diteguhkan` oleh si anak. Suasana menjadi tegang karena mereka berpikir bahwa orang tersebut pantas dihukum, meskipun mereka tidak mengenal orang tersebut.

Mungkin, tanpa sadar kita sering melakukan hal yang sama, yaitu menghakimi orang lain, entah dengan pikiran, perkataan, atau pun perbuatan kita, tanpa mengetahui kondisi sesungguhnya dari orang ybs. Kita hanya tahu bahwa menurut orang lain ia sudah sering melakukan kesalahan atau kejahatan. Sering kita terpancing dengan apa kata orang dan kita lebih suka mendengarkan orang banyak daripada mendengarkan langsung penjelasan dari orang yang `dianggap bersalah` tersebut.

Yesus mengajak kita bersama dengan Nikodemus untuk berani mengenal dan mengetahui dulu pribadi orang ybs., duduk mendengarkannya juga, dan tidak menghakimi berdasarkan pemikiran dan apa kata orang saja?

Lebih daripada itu, hanya Tuhanlah hakim yang adil karena Dia tidak hanya melihat `kejadian atau perbuatan lahiriah saja, `Tuhan melihat hati` (1Sam 16:7). `Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, .... Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?` (Yak 4:12).


(Sr. M. Martha, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.