Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MISTERI PASKA


Minggu 14 Apr 2019

Hari Minggu Palma
Mengenangkan Sengsara Tuhan


`Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah, katanya: `Sungguh, orang ini adalah orang benar!.` (Luk 23:47)

Yes 50:4-7; Mzm 22:8-9.17-20.23-24; Flp 2:6-11; Luk 22:14-23:56 (Luk 23:1-49)
---o---

Pembacaan kisah sengsara Tuhan Yesus pada hari ini menunjukkan tanda bahwa kita memasuki Pekan Suci untuk merayakan misteri Paska. Menurut para ahli, kisah sengsara merupakan bagian Injil yang paling tua. Sungguhkah penting bagi iman kita? `Misteri Paska salib dan kebangkitan Kristus adalah jantung warta gembira yang harus disampaikan para Rasul dan Gereja sebagai penerusnya kepada dunia. Dalam kematian Putera-Nya Yesus Kristus, rencana keselamatan Allah terpenuhi `satu kali untuk selamalamanya` (Ibr 9:26)` (KGK 571).

Dengan menebus kita dari dosa dan maut, melalui sengsara, wafat, dan kebangkitan-Nya, Yesus membuka jalan bagi kita untuk kembali kepada Allah Bapa dan bersatu dengan-Nya, Sumber Kebahagiaan Sejati. Ia mengarahkan kita pada harga dan tujuan hidup kita yang begitu mulia.

Mungkin saja, kenyataan hidup mengaburkan arah hidup kita. Kesulitan dan penderitaan yang bertubi-tubi menggoda kita untuk menyimpang dari jalan Tuhan, tetapi satu hal perlu kita ingat. Tuhan Yesus telah mendahului kita melewati kancah penderitaan dan salib hidup. Ia telah memenangkan perjuangan itu. Ia meminta kita untuk dengan setia berpegang pada-Nya dan melewati jalan itu, sebab tidak ada jalan yang membuat kita sampai kepada kebahagiaan kekal, selain melaluinya. Bersama Tuhan Yesus, kita bisa!


(Fr. Mikael Pius, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.