Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MISTERI TERBUKA BAGI YANG KECIL


Kamis 09 Mei 2019

Pfak S. Gregorius Preca, Imdiosesan (O.Carm)

`Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku,` (Yoh 6:44a)

Kis 8:26-40; Mzm 66:8-9.16-17.20; Yoh 6:44-51
---o---

Misteri Allah itu terbuka bagi `yang kecil`. Yesus berka- ta, `Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan ke- pada orang kecil` (Mat 11:25). `Yang kecil` artinya orang yang merasa diri tidak mampu atau tidak bisa apa-apa tan- pa Tuhan, sehingga mereka merasa perlu dan dapat ditarik Bapa. Mereka dapat menerima iman, karunia dari Allah.

Sida-sida dari Etiopia dalam bacaan pertama termasuk `yang kecil` karena ia merasa diri tidak mampu memahami bacaan yang dibacanya itu, namun ia berusaha untuk men- cari tahu dengan sungguh-sungguh, sehingga misteri yang terkandung dalam bacaan itu membuka diri oleh iman yang timbul ketika ia mendengarkan penjelasan Philipus. Ia men- dapat hidup kekal dari Yesus.

Orang Yahudi dalam Injil bukan `orang kecil` karena mereka merasa sudah tahu Yesus, anak Yusuf. Bahwa Dia `Roti Hidup yang Turun dari Surga` itu tidak masuk di akal mereka. Mereka tidak ingin tahu lebih jauh. Mereka meng- andalkan akal budi mereka. Maka, misteri itu tetap tertutup bagi mereka. Mereka menolak hidup kekal dari Yesus.

Apakah kita termasuk `yang kecil` sehingga terbuka kepada misteri dari sabda Tuhan yang kita baca? Terbuka terhadap `Roti Hidup yang Turun dari Surga` setiap kali menyambut Komuni Kudus?

Tuhan, tambahkanlah Iman kami.


(Sr. M. Vianney, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.