Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







ROTI CINTAKASIH YANG MENGHIDUPKAN


Jumat 10 Mei 2019

`Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku` (Yoh 6:57)

Kis 9:1-20; Mzm 117:1-2; Yoh 6:52-59
---o---

Hidup di dunia ini hanya sementara, kemudian kita ma- suk dalam kekekalan, entah kehidupan kekal, entah kematian kekal. Jadi, apa yang kita lakukan di dunia ini ha- rus dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. St. Yohanes Salib mengatakan, `Pada senja hidup kita, kita akan diadili berdasarkan cintakasih.` Yang Tuhan nilai dari diri kita bu- kanlah besar dan hebatnya pikiran, perkataan, dan perbu- atan kita, tetapi kasih yang mendasarinya.

Tuhan memanggil kita untuk hidup kudus (bdk. 1Tes 4:7) dan kekudusan itu hanya dapat dibuktikan dengan ka- sih yang kita lakukan setiap hari. Kita rapuh dan lemah (lih. Yoh 15:5), maka kita membutuhkan Tuhan, Sang Cintakasih. Yesus adalah Roti Cintakasih yang menghidupkan kita dan memberikan cinta kepada kita serta memampukan kita me- lakukan segala sesuatu demi cinta kepada-Nya. Tubuh dan darah-Nya kita makan dan minum. Ini berarti Ia sungguh menyatu dengan kita dan menjiwai seluruh ada kita. Kita di- jadikan pribadi yang penuh cinta. Maka, benarlah yang di- katakan Yesus, ` barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku` (Yoh 6:57).

Perayaan Ekaristi adalah puncak, pusat, dan sumber hidup kita. Diperlukan iman yang hidup, cinta yang besar, dan pengharapan yang kuat dalam mengikuti Misa sehing- ga Yesus sungguh menghidupi diri kita dan akhirnya, bersa- ma St. Paulus, kita bisa berkata, `Bukan aku lagi yang hi- dup, tetapi Yesus yang hidup dalam diriku` (bdk. Gal 2:20).


(Sr. M. Dominique Savio, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.