Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







RELASI YANG ABADI


Minggu 26 Mei 2019

Hari Minggu Paskah VI

`Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia` (Yoh 14:23)

Kis 15:1-2.22-29; Mzm 67:2-3.5-6.8; Why 21:10-14.22-23; Yoh 14:23-29
---o---

Setiap pertemuan di dunia ini pasti berakhir dengan perpisahan karena tidak ada pertemuan atau relasi yang abadi di dunia ini, sebaik apa pun relasi itu. Pada umumnya perpisahan itu menyakitkan, kecuali relasinya sudah diwarnai emosi negatif, seperti dendam, dsb. Namun, Yesus, Raja Damai, dalam kata-kata perpisahan-Nya membawa penghiburan bagi para murid dengan berkata, ` Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, `. Janganlah gelisah dan gentar hatimu` (Yoh 14:27). Dengan kata-kata ini, Yesus menawarkan damai dari diri-Nya sendiri yang merupakan `daya` yang positif yang dapat menyembuhkan seluruh diri dan keberadaan kita.

Di balik tawaran ini, ada tawaran yang lebih berharga lagi, yaitu Yesus menawarkan diri-Nya sendiri kepada kita, tidak hanya damai-Nya. Dia mau mendiami ruang jiwa yang terdalam, dalam diri kita masing-masing, lewat Roh Kudus yang diutus-Nya kepada kita seperti telah dijanjikan-Nya (bdk. Yoh 14:26). Allah bukanlah suatu realitas yang melayang-layang di atas langit, tetapi kehadiran-Nya sungguh nyata dalam jiwa kita secara terus-menerus: `Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia` (Yoh 14:23). Inilah relasi yang abadi yang hanya ditemukan dalam Yesus, relasi penuh damai dan kemanisan kemuliaan surgawi, relasi yang tak ternilai.


(Sr. Maximilliane, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.