Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







`PRIVILEGI. DARI ALLAH


Rabu 05 Jun 2019

Pw S. Bonifasius, UskMrt

`Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat` (Yoh 17:15)

Kis 20:28-38; Mzm 68:29-30.33-36; Yoh 17:11-19
---o---

Lihatlah, betapa Yesus mencintai kita! Ia begitu memerhatikan kita sehingga Ia meminta kepada Bapa-Nya untuk melindungi kita dari yang jahat (bdk. ay. 15b). Perlindungan dari yang jahat! Ini adalah `privilegi` yang Yesus berikan kepada kita karena kita begitu berharga bagi-Nya. Ia tidak menginginkan kita terjerat oleh si jahat dan menjadi terpisah dari-Nya.

Sebagai tanggapan akan cinta Yesus ini, kita pun harus bekerja sama dengan rahmat-Nya untuk berusaha menjauhi yang jahat karena Tuhan juga memberi kita kehendak bebas`menurut saya, ini pun suatu `privilegi` lagi dariNya`yang dapat membuat kita tidak bisa menikmati `privilegi` perlindungan dari yang jahat tadi. Kehendak bebas ini sering kita salahgunakan. Kita senang berbuat bebas sesuka kita, tanpa berpaling kepada Tuhan dan bertanya apakah hal itu berkenan kepada-Nya atau tidak. Akibatnya, kita terseret kepada perbuatan-perbuatan jahat yang malah mendatangkan maut. Seperti lingkaran setan, perbuatan-perbuatan ini semakin membutakan hati kita, membuat kita melupakan dan meninggalkan Allah lebih jauh lagi.

Oleh karena itu, kita sangat perlu memohon bimbingan Roh Kudus agar dapat menggunakan kehendak bebas kita secara bijaksana sehingga `privilegi-privilegi` yang Tuhan anugerahkan kepada kita tidak sia-sia, melainkan membawa kita sampai kepada keselamatan kekal.

Ya Roh Kudus, pimpin dan bimbinglah aku selalu!


(Sr. M. Heriberta, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.