Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







FOKUS


Sabtu 08 Jun 2019

`Jawab Yesus: `Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.` (Yoh 21:22)

Kis 28:16-20.30-31; Mzm 11:4-5.7; Yoh 21:20-25
Sore Menjelang Hari Raya Pentakosta:
Kej 11:1-9 atau Kel 19:3-8.16-20 atau Yeh 37:1-14; atau Yl 2:28-32; Mzm 104:1-2.24.27-30; Rm 8:22-27; Yoh 7:37-39

---o---

Hal yang baik bagi kita belum tentu yang terbaik yang harus dilakukan. Perhatian Petrus pada apa yang akan terjadi nanti dengan murid yang dikasihi Yesus mungkin merupakan suatu ungkapan kepeduliannya sebagai teman dan juga murid Yesus, walaupun bisa juga sekedar ungkapan keingintahuannya. Akan tetapi, apa pun itu yang menjadi pemikiran Petrus ternyata bukanlah yang diinginkan Yesus.

Percakapan yang terjadi antara Yesus dan Petrus, khususnya jawaban Yesus kepada Petrus, mengarahkan dan menyadarkan Petrus untuk fokus pada hal yang lebih penting yang menjadi tugas dan panggilannya, yaitu untuk mengikuti Yesus, bukan pada hal yang bukan tanggung jawabnya. Fokus berarti suatu usaha yang terus-menerus untuk mengarahkan kehendak kita pada rencana dan kehendak Tuhan dan dalam segala keadaan (gembira, menderita, kesesakan, dll.) tetap setia melakukannya (bdk. Luk 9:23).

Seperti Petrus yang diingatkan Tuhan, kita pun diminta untuk fokus pada tugas panggilan kita sebagai orang yang mengaku pengikut Kristus, yaitu untuk setia bertahan dalam penderitaan dan kesesakan pada iman kita serta membawa kasih-Nya kepada sesama.


(Sr. M. Joanesa, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.