Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MARIA, BUNDA GEREJA


Senin 10 Jun 2019

Pw. Santa Perawan Maria, Bunda Gereja

`Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: `Ibu, inilah, anakmu!. Kemudian kata-Nya kepada muridmurid-Nya: `Inilah ibumu!. ` (Yoh 19:26-27)

Kej 3:9-15.20 atau Kis 1:12-14; Mzm 87:1-3.5-7; Yoh 19:25-34
---o---

Hari ini kita memperingati Maria sebagai Bunda Gereja. Sebagaimana iman Abraham menandai permulaan Perjanjian Lama, demikian juga iman Maria menandai dimulainya Perjanjian Baru, saat ia menerima Kabar Gembira akan menjadi ibu Sang Putera Allah (bdk. Luk 1:35).

Bunda Maria taat mendampingi Puteranya sampai ke puncak Bukit Golgota. Ia tetap tegar berdiri di kaki salib Kristus, sekalipun hampir semua murid Puteranya meninggalkan Putranya. Ia melihat sendiri penderitaan yang dialami Puteranya, bagaimana `Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan `; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia ` (bdk. Yes 53:3-5). Padahal, Malaikat Gabriel berkata, `Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, ` dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan` (Luk 1:32-33). Bunda Maria tetap setia melaksanakan kehendak Allah dan menyertai Puteranya.

Yesus sendiri yang memberikan ibu-Nya kepada kita, umat beriman, sesaat sebelum wafat-Nya. Ia mempercayakan dan memberikan ibu-Nya kepada kita, para murid-Nya, untuk kita kasihi, hormati, dan ikuti teladan hidupnya, agar kita dapat memasuki Kerajaan Surga. Bunda Maria adalah Bunda Gereja.

Bunda Maria, doakanlah kami.


(Sr. M. Sesilia L., P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.