Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







PENUNTUN MENUJU KEBENARAN


Minggu 16 Jun 2019

Hari Raya Tritunggal Mahakudus

`Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku` (Yoh 16:15)

Ams 8:22-31; Mzm 8:4-9; Rm 5:1-5; Yoh 16:12-15
---o---

Injil hari ini berbicara tentang peranan Roh Kebenaran dalam hidup manusia. Roh Kebenaran ini akan memberitakan apa yang telah diterima-Nya dari Yesus. Para murid dimampukan untuk meneruskan pewartaan Yesus di dunia karena peran Roh Kebenaran itu sendiri, yang tak lain adalah Roh Kudus. Roh Kudus datang untuk memimpin kita kepada kebenaran, yakni Yesus sendiri. `Tidak ada seorang pun yang dapat mengaku: `Yesus adalah Tuhan`, selain oleh Roh Kudus` (1Kor 12:3). Roh Kudus itu merupakan pribadi ketiga dari Tritunggal Mahakudus yang memiliki keilahian sama dengan Allah Bapa dan Putra (Bdk. KGK 243-248; 263264).

St. Paulus, seorang pewarta handal, menyadari bagaimana dan betapa pentingnya peran dan karya Roh Kudus dalam dirinya, dan dalam diri kita juga. Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus menegaskan bahwa kita dibenarkan karena iman kepada Kristus yang membawa kita ke dalam hidup damai sejahtera. Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus (bdk. Rm 5:1). Kita dapat berdamai dengan Allah karena Yesus dalam kasih yang tercurah oleh Roh Kudus (bdk. Rm 5:5). Yesus menjadi satu-satunya pengantara kita kepada Bapa yang Maharahim. Oleh karena itu, marilah kita selalu memohon Roh Kudus tiap hari yang akan membawa kita kepada seluruh kebenaran.


(Rm. Innocentius, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.