Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







PENGAMPUNAN YANG MEMULIHKAN


Senin 17 Jun 2019

`Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu` (Mat 5:39)

2Kor 6:1-10; Mzm 98:1-4; Mat 5:38-42
---o---

Yesus begitu Maharahim bagi kita. Dia selalu mau mengampuni dan menerima kita kembali, walaupun kita sudah menyakiti-Nya dengan dosa-dosa kita. SabdaNya di atas pun meminta kita untuk menyalurkan kerahiman-Nya itu kepada sesama kita, khususnya dengan mengampuni saat kita disakiti, dilukai, dibenci, dihina. Bahkan, semakin kita disakiti, kita diminta untuk semakin mengasihi.

Beberapa cara atau ungkapan mengasihi dan mengampuni ini a.l.: mendoakan dan mempersembahkan kurbankurban kecil sehari-hari bagi mereka yang menyakiti kita, menyadari kehadiran Yesus dalam diri mereka, melihat kelebihan dalam diri mereka, dan mensyukuri kehadiran mereka.

Kita pun bisa melihat lebih jauh bahwa di balik pengampunan dan pemulihan, baik pemulihan relasi kita dengan Tuhan, sesama, maupun dengan diri sendiri, ada sukacita, kedamaian, kelegaan, ketenangan, keharmonisan, bahkan penyembuhan fisik. Dengan mengampuni, kita pun akan lepas bebas untuk datang kepada Tuhan dan mencintaiNya tanpa ada beban, khawatir, ketakutan, rasa bersalah, atau pun perasaan-perasaan tidak enak lainnya. Sebaliknya, dengan tidak mau mengampuni, kita menghambat relasi kita dengan Tuhan juga karena tidak mau mengampuni berarti menolak mengasihi, padahal Allah adalah Kasih.


(Sr. M. Enrika, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.