Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







TUBUH DAN DARAH KRISTUS


Minggu 23 Jun 2019

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

`Tetapi Ia berkata kepada mereka: `Kamu harus memberi mereka makan!.` (Luk 9:13a)

Kej 14:18-20; Mzm 110:1-4; 1Kor 11:23-26; Luk 9:11-17
---o---

Memberi adalah menyerahkan atau membagikan sesuatu kepada orang lain. Memberi juga dilakukan oleh setiap orang, meskipun dalam tingkat yang berbedabeda. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa orang seringkali memberi dari kelebihannya, atau lebih tepat memberikan sesuatu yang baginya merupakan `sisa-sisa` yang tidak berharga dan tidak dia butuhkan lagi, entah sisa makanan setelah ia sendiri makan kenyang sepuas-puasnya, atau sisa-sisa lainnya. Tindakan memberi juga dilakukan oleh Yesus selama hidup-Nya.

Yesus memberi makan roti kepada lima ribu orang. Mengagumkan! Namun, ini hanyalah `gambaran` kecil dari pemberian-Nya yang jauh lebih dahsyat, yaitu tubuh dan darah-Nya sendiri! Tak seorang pun dari kita yang tidak membutuhkan tubuh dan darah kita sendiri, bukan? Kita tidak bisa hidup di dunia ini tanpa tubuh dan darah. Jadi, Yesus memberikan sesuatu yang sangat berharga bagi-Nya kepada kita!

Pemberian Yesus ini kita kenangkan hari ini, Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Pemberian ini dilakukan Yesus karena cinta-Nya kepada kita, para murid-Nya. Ia ingin tinggal dalam diri kita, menjadi milik kita, bahkan bersatu dengan kita. Ia rela memberikan tubuh dan darah-Nya, hidup-Nya, kepada kita. Kenangan akan pengurbanan Kristus ini sangat berguna. A.l. untuk menyadari betapa berharganya kita bagi-Nya. Ini tidak karena kehebatan kita, tetapi cintaNya yang luar biasa kepada kita membuat kita berharga bagi-Nya!


(Rm. Hubertus Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.