Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MENJADI ORANG YANG BAIK


Rabu 26 Jun 2019

`Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik` (Mat 7:17)

Kej 15:1-12.17-18; Mzm 105:1-4.6-9; Mat 7:15-20
---o---

Yesus memberi sebuah perumpamaan tentang pohon yang baik dan pohon yang tidak baik. Dari perumpamaan ini kita dapat mengambil suatu prinsip bahwa buah yang baik adalah hasil dari pohon yang baik, sedangkan buah yang tidak baik adalah hasil dari pohon yang tidak baik.

Apa artinya perumpamaan ini bagi kita? Baik atau tidaknya seseorang dilihat dari buah-buah yang dihasilkan oleh perbuatan-perbuatannya. Orang yang baik menghasilkan perbuatan-perbuatan yang baik. Seperti yang dikatakan St. Paulus dalam Galatia 5:22-23 `kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri`, sedangkan orang yang tidak baik (jahat) akan menghasilkan kehancuran atau membawa perpecahan, perselisihan, iri hati, amarah, kedengkian, dan sebagainya kepada sesama.

Melalui perumpamaan di atas kita berusaha untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik kepada sesama dengan menjauhkan perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Untuk dapat menjadi orang baik, kita harus memupuk relasi yang mendalam dengan Tuhan dalam doa, Sakramen-sakramen, devosi, membaca Kitab Suci, dan sebagainya. Dengan menjadi orang yang baik yang membagikan buah-buah yang baik (kasih, damai, sukacita, dll.) kepada setiap orang yang kita jumpai dalam kehidupan kita, kita ikut bermazmur memperkenalkan dan mempercakapkan perbuatan-perbuatan ajaib Tuhan.


(Sr. M. Alexandra P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.