Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







SANG GEMBALA BAIK


Jumat 28 Jun 2019

Hari Raya Hati Yesus yang Mahakudus

`Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, ke mana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan` (Yeh 34:12)

Yeh 34:11-16; Mzm 23:1-6; Rm 5:5-11; Luk 15:3-7
---o---

Gambar Yesus menggendong seekor domba adalah gambar yang menyenangkan dan menenangkan hati. Sebetulnya gambar ini mempunyai makna mendalam, yaitu belaskasih atau kerahiman Allah yang tak terbatas.

Figur gembala yang baik mengungkapkan kerahiman Allah. A.l. : gembala yang baik mencari domba yang hilang. Yesuslah Sang Gembala yang baik. `Kerahiman menjadi hidup dan kasad mata dalam Yesus dari Nazareth, mencapai puncak dalam diri-Nya` (Paus Fransiskus). Seperti kata St. Paulus, ` waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka ` (Rm 5:6), demikianlah kerahiman Allah. Allah tidak menunggu orang berdosa datang menemukan Dia, tetapi Dia sendiri pergi mencari. `Dan kalau Ia telah menemukannya, Ia meletakkannya di atas bahu-Nya dengan gembira` (Luk 15:5).

Dari hati-Nya yang Mahakudus Yesus memancarkan kerahiman Allah yang tak terhingga. `Kita semua adalah orang-orang berdosa yang membutuhkan belaskasihan Allah. Hanya Dia yang memiliki kekuatan untuk mengubah kita dan memberi kita harapan setiap hari` (Paus Fransiskus). Setiap orang dari kita pasti mengalami kerahiman Allah setiap hari, bahkan setiap saat, namun sadarkah kita? Bersyukurkah kita?


(Sr. M. Valentina, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.