Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







HARGA YANG HARUS DIBAYAR


Senin 01 Jul 2019

`Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: `Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.` Yesus berkata kepadanya: `Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya` (Mat 8:19-20)

Kej 18:16-33; Mzm 103:1-48-11; Mat 8:18-22
---o---

Apa yang membuat ahli Taurat ini datang kepada Yesus, menyapa Yesus sebagai guru, dan mau mengikuti-Nya ke mana saja Dia pergi? Padahal, Yesus sangat menentang legalisme sempit yang menjadi tumpuan agama para ahli Taurat. Rupanya, ahli Taurat ini kagum dan tertarik kepada pribadi dan ajaran Yesus. Hidup, pribadi, dan pengajaran seseorang bisa sangat besar pengaruhnya bagi orang lain. Tidak mengherankan ada yang berkata, `Kotbah yang baik adalah kotbah lewat hidup dan kepribadian.`

Jawaban Yesus kepada ahli Taurat itu: `Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya`. Dengan itu, Yesus memintanya untuk berpikir dalam-dalam dulu apa yang diperbuatnya dan akan harga yang harus dibayarnya. Ia tidak ingin pengikut yang a) semangatnya mudah berkobar, tetapi mudah padam juga, b) orang yang hanya hanyut oleh perasaan yang kuat, namun segera reda dan hilang. Ia ingin para pengikut-Nya benarbenar tahu apa yang mereka perbuat, berani memikul salibnya setiap hari (bdk. Mat 10:38), membenci orang-orang terdekatnya, bahkan nyawanya sendiri (bdk. Luk 14:26). Mari kita perbarui semangat kita mengikuti Yesus dengan memikul salib setiap hari dan menyangkal diri.


(Sr. M. Vianney, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.