Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







TOTALITAS PENGIKUT KRISTUS


Jumat 09 Agust 2019

Pfak S. Teresia Benedikta dari Salib, Perawan dan Martir (O.Carm)

`Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya` (Mat 16:25)

Ul 4:32-40; Mzm 77:12-16.21; Mat 16:24-28
---o---

St. Teresia Benedikta (nama kecil: Edith Stein) dilahirkan dalam keluarga Yahudi. Ia pernah menjadi ateis pada masa mudanya. Karya-karya para pujangga pembaru Ordo Karmel yang dibacanya membuatnya tertarik menjadi Katolik, bahkan menjadi biarawati. Sempat ia membatalkan niat masuk biara karena tidak disetujui pembimbing rohaninya, namun panggilan membiara tetap membara dalam dirinya. Akhirnya, ia meninggalkan profesinya sebagai pengajar dan masuk Biara Karmel. Dalam doa dan keheningan, ia terus membuat karya tulis dan memperjuangkan imannya, hing-ga tertangkap oleh Nazi. Ia dikirim ke kamp konsentrasi dan dibunuh dalam kamar gas. Ia dikanonisasi sebagai santa dan martir.

Menjadi pengikut Kristus adalah sebuah panggilan ilahi yang sangat mulia. Banyak rintangan harus dilalui Edith Stein, namun ia tetap setia pada panggilannya. Ia mengajarkan ketaatan dan keteguhan untuk berpegang pada ketetapan dan perintah Allah. Sekalipun imannya diusik banyak hal, ia tetap mempertahankan iman dan panggilannya hingga akhir hayat (bdk. Ul 4:40).

`Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya` (Mat 16:24-25).


(Veronika)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.