Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







SYARAT MASUK KERAJAAN ALLAH


Selasa 13 Agust 2019

Pfak S. Pontianus, Paus dan S. Hippolitus, ImMrt

`Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: `Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?` (Mat 18:1)

Ul 31:1-8; MT Ul 32:3-4.7-9.12; Mat 18:1-5.10.12-14
---o---

Banyak orang mengatakan betapa senangnya mereka melihat anak-anak bergembira. Banyak orang mengatakan bahwa anak kecil hidup tanpa beban. Mereka menikmati hidup mereka apa adanya. Banyak orang dewasa yang ingin mengulang kembali masa kecilnya karena penuh dengan sukacita, kasih sayang, tidak cemas akan hari esok.

Figur anak kecil digunakan Yesus sebagai jawaban atas pertanyaan tentang siapa yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Selain tentang perlunya bertobat, Yesus menekankan pentingnya menjadi seperti anak kecil dalam komunitas para murid.

Salah satu syarat masuk Kerajaan Surga adalah menjadi seperti anak kecil. Menjadi anak kecil tidak berarti bersikap kekanak-kanakan, tetapi bersikap apa adanya. Anak kecil itu mudah percaya, polos, taat, pasrah kepada bapanya. Sikap inilah yang disyaratkan Yesus. Karena kehilangan sifat-sifat ini, banyak orang tidak bisa percaya kepada Tuhan, Bapa kita, atau tidak bisa percaya (menolak) ajaran Tuhan yang disampaikan melalui Gereja.

Terhadap sesama, sifat ini diungkapkan dalam bentuk ketulusan dalam mengasihi, bukan kepolosan dalam arti `tidak cerdik` (bdk. Mat 10:16). Ungkapan yang lain adalah mudah mengampuni, seperti anak kecil, jika bertengkar, begitu cepat berdamai kembali dengan temannya.

Jika hidup dipenuhi kepercayaan kepada Bapa dan damai dengan sesama maka sukacita dan kebahagiaan Surga sudah ada di dunia. Tak ada ketakutan.


(Fr. Methodius CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.