Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







KEPEDULIAN


Minggu 29 Sep 2019

Hari Minggu Biasa XXVI

`Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita` (Luk 16:25)

Am 6:1.4-7; Mzm 146:7-10 .1Tim 6:11-16; Luk 16:19-31
---o---

Perjanjian Lama menggambarkan Allah sebagai pencipta dan pemberi segala sesuatu. Semua pemberian Allah (bdk. Kej 1:31). Kitab Suci menggambarkan kekayaan sebagai hasil dari usaha yang diberkati (bdk. Ams 10:22) atau usaha serius dari seseorang (bdk. Ams 10:4). Di lain pihak, juga disebutkan bahwa kekayaan material bukanlah sesuatu yang kekal, bukan pula kemuliaan, tetapi sesuatu yang diciptakan Allah dan berasal dari Allah.

Penggunaan kekayaan tanpa cintakasih kepada sesama tentu merupakan sebuah kekeliruan. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan Tuhan kepada mereka yang menjadi penikmat kekayaan, yaitu hidup dalam kemewahan, tanpa memedulikan rakyatnya atau sesama. Mereka yang hidup dengan cara demikian akan memetik hukuman (bdk. Am 16:1a.4-7). Tidaklah mengherankan peristiwa yang menimpa orang kaya dalam Injil Lukas. Setelah meninggal, ia mengalami kesengsaraan abadi. Keadaan itu dialaminya tidak karena ia kaya, tetapi karena memakai kekayaannya secara egois, tanpa mempedulikan orang lain.

Untuk itu, kita perlu belajar menggunakan kekayaan secara benar. Sikap pembelajaran ini dapat dilakukan dengan mendengarkan Sabda Allah dan Ajaran Gereja. Di dalamnya orang memperoleh petunjuk untuk berperilaku secara baik terhadap harta yang dimilikinya.


(Rm. Hubertus Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.