Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MEMBACA DENGAN HATI


Jumat 25 Okt 2019

`Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?` (Luk 12:56-57)

Rm 7:8-25; Mzm 119:66.68.76-77.93-94; Luk 12:54-59
---o---

Yesus menyapa orang banyak yang mengikuti Dia pada waktu itu dengan sebutan `orang munafik` dan Ia bertanya mengapa mereka tidak dapat menilai zaman itu dan tidak dapat memutuskan sendiri apa yang benar. Sebenarnya, jawabannya terletak pada kata `orang munafik`. Orang munafik adalah orang yang lebih mementingkan penampilan lahiriah, sehingga hatinya tak lurus dan tak terbuka kepada Allah, padahal untuk menilai zaman dan memutuskan apa yang benar diperlukan hati yang arif, peka, dan terbuka kepada Allah.

Saya mengenal seorang ibu rumah tangga yang sederhana. Dia tekun berdoa dan sering ke gereja untuk mengikuti Ekaristi. Dia juga banyak menderita dari keluarganya sendiri, difitnah, dsb., tetapi dia menerima semuanya dengan sabar. Banyak orang datang kepadanya membawa masalah dan meminta nasihat. Dengan hatinya yang polos itu dia cepat melihat inti masalah dan jalan keluarnya.

Marilah kita belajar untuk berhati terbuka kepada Allah melalui doa, Sakramen Ekaristi, Sakramen Tobat, membaca Kitab Suci, mengampuni, seperti ibu ini sehingga kita pun mampu menilai zaman dan memutuskan apa yang benar. Semuanya itu (doa, Sakramen Ekaristi, Sakramen Tobat, peresapan Sabda Tuhan, pengampunan) berguna membersihkan hati kita sehingga menjadi bening dan jernih untuk memandang segalanya dan mengenali kehendak Allah.


(Sr. M. Vianney, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.