Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







DOA YANG BENAR


Minggu 27 Okt 2019

Hari Minggu Biasa XXX

`Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini` (Luk 18:13)

Sir 35:12-14.16-18; Mzm 34:2-3.17-19.23; 2Tim 4:6-8.16-18; Luk 18:9-14
---o---

Cerita Yesus tetang dua orang yang sedang berdoa di Bait Allah, mengajarkan kepada kita bagaimana sikap doa yang benar di hadapan Tuhan. Ini bukan saja persoalan sikap badan seperti menunduk dan membungkuk di hadapan Tuhan. Doa adalah mempersembahkan hati kepada Tuhan. Doa berarti datang kepada Tuhan dengan penuh kerendahan hati. Doa bukan memamerkan bahwa kita sudah banyak berbuat baik, menolong tetangga yang kesusahan, bukan juga memamerkan hidup rohani kita, seperti rajin ke gereja, rajin berpuasa/berpantang, atau membaca Kitab Suci. Doa bukanlah suatu litani panjang mengenai kebaikan dan sikap `suci` kita.

Doa yang benar adalah mempersembahkan hati yang remuk redam sambil memohon belaskasihan Tuhan. Kita belajar kepada orang berdosa itu dan mengatakan, `Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.` Tidak ada doa yang lebih daripada ini karena di dalamnya mengandung kerendahan hati yang mendasari kasih Kristiani. Bukan hanya dalam doa kita harus rendah hati, tetapi hendaknya hal itu mengalir dalam setiap sudut kehidupan kita.

Para pujangga suci mengatakan kerendahan hati itu adalah kebenaran. Kebenaran karena kita mengenal dan menyadari diri kita di hadapan Tuhan dan dalam waktu yang sama kita mengenal siapa Pencipta kita. Biarlah kebenaran kerendahan hati menjiwai setiap doa kita.


(Rm. Elisa Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.