Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MENJADI RAGI YANG BAIK


Selasa 29 Okt 2019

`Dan Ia berkata lagi: `Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya` (Yoh 15:5b)

Rm 8:18-25; Mzm 126:1-6; Luk 13:18-21
---o---

Hidup sebagai awam, maupun religius, kita semua dipanggil untuk menjadi ragi yang baik bagi sesama. Ragi itu membawa perubahan yang baik kepada sekitarnya. Bagaimana cara kita menjadi ragi bagi sesama? Dengan memberi teladan yang baik, tindakan-tindakan kasih (dalam perbuatan, budi bahasa, pekerjaan, dll.). Singkat kata, dengan menghadirkan Yesus, kasih-Nya, sukacita-Nya, kerendahan hati-Nya, kebenaran-Nya, kebijaksanaan-Nya, kuasaNya, kerahiman-Nya, kejujuran-Nya, kerajinan-Nya, ..., `semua`-Nya! Mustahil kita menjadi `ragi yang mengkhamir-i` sesama untuk `menjadi serupa dengan Yesus` atau untuk `mengalami Yesus` jika kita sendiri tidak `menjadi serupa dengan Yesus`. Menyedihkan jika kita menyatakan bangga sebagai seorang Katolik, tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita meresahkan, menyakiti, menjengkelkan orang lain.

Mari kita berjuang mengubah diri kita dengan bercermin pada Yesus. Sebagai refleksi, Anda bisa menulis beberapa sifat/keutamaan Yesus pada selembar kertas. Lalu, Anda bisa menanya diri, `Apakah saya sudah mempunyai sifat ini? Seberapa jauh? Apa yang menghambat saya untuk meneladan sifat Yesus yang ini? Apa yang bisa saya lakukan untuk lebih baik lagi dalam meneladan sifat Yesus ini?` Tentu saja, sebelumnya jangan lupa memohon Roh Kudus untuk membimbing Anda.


(Sr. M. Heriberta, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.