Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







FOKUS KE TUHAN


Sabtu 09 Nop 2019

Pesta Pemberkatan Gereja Basilik Lateran

`Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: `Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan.` (Yoh 2:16)

Yeh 47:1-2.8-9.12 atau 1Kor 3:9-11.16-17; Mzm 46:2-3.5-6.8-9; Yoh 2:13-22
---o---

Hari ini kita merayakan Pesta Pemberkatan Basilika St. Yohanes Lateran di Roma, yang didirikan Kaisar Konstantinus pada abad ke-4. Basilika ini adalah tempat ibadah umum yang tertua. Karena menjadi gereja resmi dari Uskup Roma, maka Basilika Lateran juga menjadi Katedral. Bersama Basilika St. Petrus, Basilika St. Maria Maggiore, dan Basilika St. Paulus, basilika ini menjadi basilika agung atau basilika patriarkal di Roma.

Menjelang hari raya Paska orang Yahudi, Yesus `membersihkan` Bait Allah. Saat itu banyak orang berduyunduyun datang ke Yerusalem untuk menunaikan kewajiban mempersembahkan kurban. Biasanya Yesus berpenampilan tenang, lemah lembut, berwibawa, sekarang Ia mengobrakabrik dagangan orang! Ia marah, `Enyahlah, jangan kamu membuat Rumah Bapa-Ku menjadi pasar!`

Tindakan Yesus itu mengajak orang menyadari betapa terjungkir-balikkannya kehidupan Bait Allah mereka. Bait Allah menjadi tempat ibadah lahiriah belaka. Orang hanya fokus ke `mana hewan yang mulus yang memenuhi syarat untuk kurban`, `mana mata uang yang cocok/sah`, atau bahkan fokus ke mencari keuntungan/bisnis/urusan sendiri, dan mengabaikan/ menomorduakan Tuhan.

Yesus mengajak kita `menciptakan` bait Allah yang memuliakan Tuhan. Zaman ini tidak mungkin kita secara lahiriah membawa hewan/dagangan ke gereja, tetapi semua itu bisa kita bawa dalam HP kecil kita. Sudahkah kita fokus ke Tuhan selama di gereja?


(Sr. M. Clara, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2019 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.