Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Tuhan Bekerja Dalam Kelemahan Kita


Jumat 12 Jun 2020

`[...] karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka` (Mat 5:29)

1Raj 19:9.11-16; Mzm 27:7-9.13-14; Mat 5:27-32
---o---

Dari bacaan ini kita dapat melihat bagaimana Tuhan Yesus dengan tegas mengajarkan kepada kita untuk menolak godaan yang muncul dari dalam diri kita. Pepatah `Dari mata turun ke hati,` menggambarkan bagaimana cara kita memandang akan mempengaruhi sikap batin kita. Bukan mata yang salah, tetapi yang timbul dari dalam diri atau hati manusialah yang membuatnya seringkali tidak bijaksana dalam bersikap dan berpikir. `Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat` (Mrk 7:20-21).

Tubuh yang Tuhan berikan kepada kita seharusnya menjadi sarana untuk mengenal Sang Pencipta. Dengan rahmat pengudus yang Tuhan berikan sebagai buah pembaptisan, kita diarahkan untuk selalu merindukan dan menyenangkan hati Tuhan. Tetapi jika kita cenderung untuk memilih yang lebih memuaskan kesenangan pribadi, baiklah kita waspada, karena dari hal-hal kecil kita bisa jatuh dalam dosa yang lebih besar. Karena itu, kita harus tegas akan segala godaan yang ada. Ingat, `Roh memang penurut, tetapi daging lemah (Mat 26:41).

Rahmat Tuhan cukup bagi kita untuk dapat mengatasi godaan. `Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.` (2 Kor 12:9)


(Sr. M. Marleine, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2020 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.