Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Perayaan Cinta Kasih


Minggu 14 Jun 2020

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

`Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman` (Yoh 6:54)

Ul 8:2-3.14-16; Mzm 147:12-15.19-20 1Kor 10:16-17; Yoh 6:51-58
---o---

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus (Corpus Domini) menjadi sebuah hari raya penghormatan terhadap Tubuh dan Darah Kristus. Ini adalah hari raya Ekaristi kita. Tetapi apa maknanya bagi kita? Melalui hari raya ini, kita diundang untuk masuk dalam suatu penyembahan sebab yang hadir di sana adalah Sahabat kita yang telah mencurahkan nyawa-Nya demi cinta kepada kita. Perayaan ini mengingatkan kita akan korban cinta Yesus untuk seluruh umat-Nya.

Ekaristi sesungguhnya adalah perayaan cinta kasih karena itu setiap hari umat beriman diundang untuk mengambil bagian dalam korban cinta ini dan menerima pemberian diri Yesus untuk kita. Ekaristi tidak saja dirayakan pada hari ini, tetapi setiap hari. Inilah kenangan abadi Tuhan untuk umat, sekaligus curahan cinta kasih yang bertahan selama-lamanya. Yesus sendiri berkata dalam Ekaristi, `Lakukanlah ini sebagai kenangan akan Daku.` Ini sebuah perintah suci, agar seluruh umat berhimpun dalam sikap hormat dan sembah di hadapan Sang Maha Kudus.

Kita tidak pernah dapat memahami secara penuh misteri kehadiran Allah dalam Ekaristi. Kita hanya kagum dengan sikap sembah seperti halnya kekaguman seorang Santo Thomas Aquinas di hadapan Sakramen Suci yang dituangkannya dalam himne Tantum Ergo.


(Rm. Elisa Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2020 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.