Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Kematian


Minggu 28 Jun 2020

Hari Minggu Biasa XIII

Tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? (Rm 6:3)

2Raj 4:8-11.14-16; Mzm 89:2-3.16-19; Rm 6:3-4.8-11 Mat 10:37-42
---o---

Kematian. Mungkin kata ini ditakuti banyak orang. Sering kali kita tidak dapat menerima kenyataan akan kematian orang-orang terdekat yang kita cintai. Tetapi hari ini kita diajak untuk melihat sisi lain dari kematian itu sendiri.

Dalam bacaan Injil, Yesus menegaskan bahwa untuk menjadi pengikut-Nya kita harus mau menanggung dan melewati banyak penderitaan. Yesus sendiri telah membuktikan sekaligus memberikan teladan dengan penderitaan dan wafat-Nya di kayu salib. Santo Paulus juga menyatakan bahwa kita telah dibaptis dalam kematian Kristus dan dikuburkan bersama Dia (bdk. Rm 6:3-4). Inilah konsekuensi dari iman kita yang kerap kali tidak kita pa-hami, dan bahkan kita takuti. Akan tetapi kita tidak bo-leh lupa bahwa setelah penderitaan dan kematian-Nya, Yesus bangkit dengan mulia.

Bila kita sungguh mau mengikuti Yesus, kita pun diharapkan mampu untuk melihat kehidupan dan kematian dengan cara pandang Yesus. Kita dituntut untuk mati secara rohani`yaitu mati terhadap segala dosa, kelemahan dan cacat cela kita. Inilah jalan yang harus kita lalui. Seorang pengikut Kristus tidak takut akan penderitaan karena kita telah dibaptis dalam kematian bersama Kristus, dan akan bangkit dengan mulia bersama dengan-Nya serta memiliki hidup yang baru.


(Sr. M. Laura, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2020 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.