#renungan

*Kematian*

Minggu 28 Jun 2020

_Tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? (Rm 6:3)_


Kematian. Mungkin kata ini ditakuti banyak orang. Sering kali kita tidak dapat menerima kenyataan akan kematian orang-orang terdekat yang kita cintai. Tetapi hari ini kita diajak untuk melihat sisi lain dari kematian itu sendiri.

Dalam bacaan Injil, Yesus menegaskan bahwa untuk menjadi pengikut-Nya kita harus mau menanggung dan melewati banyak penderitaan. Yesus sendiri telah membuktikan sekaligus memberikan teladan dengan penderitaan dan wafat-Nya di kayu salib. Santo Paulus juga menyatakan bahwa kita telah dibaptis dalam kematian Kristus dan dikuburkan bersama Dia (bdk. Rm 6:3-4). Inilah konsekuensi dari iman kita yang kerap kali tidak kita pa-hami, dan bahkan kita takuti. Akan tetapi kita tidak bo-leh lupa bahwa setelah penderitaan dan kematian-Nya, Yesus bangkit dengan mulia.

Bila kita sungguh mau mengikuti Yesus, kita pun diharapkan mampu untuk melihat kehidupan dan kematian dengan cara pandang Yesus. Kita dituntut untuk mati secara rohani`yaitu mati terhadap segala dosa, kelemahan dan cacat cela kita. Inilah jalan yang harus kita lalui. Seorang pengikut Kristus tidak takut akan penderitaan karena kita telah dibaptis dalam kematian bersama Kristus, dan akan bangkit dengan mulia bersama dengan-Nya serta memiliki hidup yang baru.

*_Sr. M. Laura, P.Karm_*

Minggu 28 Jun 2020
Hari Minggu Biasa XIII
2Raj 4:8-11.14-16; Mzm 89:2-3.16-19; Rm 6:3-4.8-11 Mat 10:37-42

Sumber:
*Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"*
http://www.renunganpkarmcse.com

*Join WA-Grup RenunganPKarmCSE, klik (pilih salahsatu)*
https://chat.whatsapp.com/Du2MMwFVuLqKT8mU1O4yRC
atau
https://chat.whatsapp.com/HlLX4weRJMw9a2Rga6lskp
atau
http://renunganpkarmcse.com/wagrup