Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Kisahnya Belum Selesai!


Senin 24 Agust 2020

Pesta St. Bartolomeus, Rasul

Tuhan itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya (Mzm 145:17)

Why 21:9-14; Mzm 145:10-13.17-18; Yoh 1:45-51
---o---

Bayangkan Anda mempunyai sebuah novel 400 halaman tentang suatu kisah kriminal, namun Anda baru membaca empat puluh halaman pertama. Apakah Anda mengerti keseluruhan kisah itu? Tidak, bukan? Alangkah konyolnya, jika saat baru membaca empat puluh halaman itu, Anda mengomentari, menarik kesimpulan, maupun menilai kisah itu atau penulisnya, `Kenapa si pengarang menulis kisah yang tidak adil? Kenapa si jahat dia biarkan menang, sukses, kaya, merajalela, menindas yang benar? Kenapa kejahatannya tidak dibongkar? Kenapa kebenaran dibungkam dan keadilan tidak ditegakkan?` Padahal, di halamanhalaman selanjutnya dikisahkan bagaimana si jahat ditangkap polisi, diadili, dan menerima hukuman setimpal, sedangkan tokoh yang benar dan ditindas menjadi bebas dan menerima ganti rugi lebih daripada cukup.

Banyak orang yang mengomentari, menyalahkan, bahkan meninggalkan Tuhan karena mengomentari dan menilai Tuhan berdasarkan kisah-kisah yang mereka alami atau mereka lihat di dunia ini. Mereka katakan, `Tuhan jahat, tidak adil! Kenapa Dia membiarkan orang licik dan penipu itu menindas saya?` Mereka lupa bahwa kisah mereka belum selesai. Mereka lupa bahwa kisah hidup manusia itu tidak hanya beberapa puluh tahun, tetapi sampai ke keabadiaan. Seluruh tahun hidup di dunia ini tidak ada bandingnya dengan keabadian. Hanya kelak di keabadiaan kita melihat dengan jelas keadilan dan kebijaksanaan Tuhan.


(Sr. M. Andrea, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.