Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Menasihati Saudara


Minggu 06 Sep 2020

Hari Minggu Biasa XXIII
Hari Minggu Kitab Suci Nasional


`Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali` (Mat 18:15)

Yeh 33:7-9; Mzm 95:1-2.6-9; Rm 13:8-10; Mat 18:15-20
---o---

Hal menegur sesama kita adalah pekerjaan yang sulit. Ada banyak orang yang tidak mau menerima teguran, dan ada banyak teguran diberi dengan cara yang tidak bijaksana, misalnya dengan langsung menegur di muka umum, dalam suasana hati tidak tenang atau dengan kata-kata yang terlalu kasar.

Dalam Injil hari ini, Tuhan Yesus meminta kita untuk pertama-tama menegur di bawah empat mata. Ini berarti kita diminta berbicara langsung dengan pihak yang kita anggap berbuat dosa. Dengan melakukannya, kita bisa mendapatkan penjelasan maupun pertobatan. Hal ini menjadi sebuah tindakan kasih, karena tujuan-nya adalah kembalinya saudara kita dari tindakannya yang salah. Selain itu, supaya teguran yang kita ucapkan kepada saudara kita yang berbuat salah, dapat menjadi pertolongan baginya.

Seringkali pelayanan kita terhambat karena hal ini. Kita gagal mengasihi sesama saudara karena perasaan kesal, jengkel, malu atau apapun. Oleh karena itu, hendaknya kita membersihkan hati dari segala perasaan keliru agar dengan hati penuh kasih dapat membantu saudara kita. Dengan bersandar pada Tuhan, kita dimam-pukan dan berani membawa sesama saudara supaya kembali ke jalan Tuhan.


(Rm. Marsianus, CSE.)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2020 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.