Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







BUAH BELAS KASIH


... maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka ...(Mrk 6:34)

1Yoh 4:7-10; Mzm 72:2-4.7-8; Mrk 6:34-44
---o---

Situasi dewasa ini tampaknya membuat orang di sekitar kita mengalami berbagai masalah hidup. Bagaimana reaksi kita melihat keadaan saudara kita yang mengalami kesulitan hidup? Ada orang yang tergerak hatinya sehingga turut merasakan kesulitan itu dan meringankan beban saudara kita yang tertimpa masalah. Tetapi, ada juga orang yang memiliki sikap biasa saja, masa bodoh, serta tidak peduli. Rupanya tidak semua orang tergerak untuk berbelaskasihan kepada mereka yang menderita.

Yesus, Sang Gembala Agung, tergerak hati-Nya oleh belaskasihan saat melihat orang banyak karena mereka seperti kawanan domba tanpa gembala. Yesus tidak diam, Dia melakukan tindakan nyata, mengajar banyak hal, memberikan peneguhan dan bimbingan. Selanjutnya, Yesus mengajak para murid-Nya untuk memberi mereka makan, serta tidak membiarkan mereka menderita kelaparan dan hidup tanpa pengharapan. Yesus memberi teladan belas kasih agar seseorang keluar dari dirinya serta kepentingan pribadinya, lalu mengarahkan hati dan pikirannya kepada orang lain. Belas kasih mencapai aspek perilaku sehingga mendorong kita untuk menolong mereka yang kesusahan. Perasaan saja tidak cukup, melainkan perasaan harus berbuah dalam perbuatan nyata.


(Rm. Marsianus, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     











©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.