Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







RAHMAT PEMBAPTISAN


Minggu 10 Jan 2021

Pesta Pembaptisan Tuhan

`Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan` (Mrk 1:11)

Yes 55:1-11; MT Yes 12:2-6; 1 Yoh 5:1-9 ; Mrk 1:7-11
---o---

Pada awal Injil Markus kita temukan seruan pertobatan dari Yohanes Pembaptis dan seruan agar memberi diri supaya dibaptis untuk memperoleh pengampunan dosa (Mrk 1:3-4). Selanjutnya terjadi peristiwa pembaptisan Yesus yang dilakukan oleh Yohanes. Namun, mengapa Yesus dibaptis? Bukankah Yesus tidak berdosa? Ada sesuatu yang berbeda dalam pembaptisan Yesus. Ada suara dari surga yang menyatakan bahwa Dia adalah Anak Allah (ay. 11).

Yesus tidaklah berdosa, sebagaimana pula di padang gurun Ia mengalami pencobaan, tetapi tidak jatuh dalam dosa. Namun demikian Ia solider dengan manusia berdosa, yaitu dengan menanggung dosa umat manusia. Yesus mengawali tugas pelayanan-Nya dengan mendukung pelayanan Yohanes. Bagi Yohanes, pembaptisan Yesus mengungkapkan siapa Yesus yang sebenarnya, yaitu Mesias yang dijanjikan, yang membawa keselamatan bagi orang-orang yang percaya.

Dengan pembaptisan kita dilahirkan kembali, yaitu lahir dari Allah, hidup dalam rahmat Allah. Dengan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan datang menyerahkan hidup kita kepada-Nya, kita memiliki rahmat untuk mengalahkan kejahatan dan kita dibawa pada hidup persatuan di dalam Dia.


(Sr. M. Eusebia, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.