Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







PENGAMPUNAN YANG MEMBAWA PERTOBATAN


Senin 22 Mar 2021

Hari Biasa Pekan V Prapaskah

Jawabnya, `Tidak ada, Tuhan.` Lalu kata Yesus: `Aku pun tidak menghukum engkau` (Yoh 8:11)

Dan 13:1-9.15-17.19-30.33-62 atau Dan 13:41-62; Mzm 23:1-6; Yoh 8:1-11
---o---

Pada masa prapaskah ini, kita semakin disadarkan pentingnya pertobatan untuk persiapan menyambut kebangkitan Yesus, Penebus dosa kita. Secara khusus dalam Injil ini, kita disadarkan bahwa kita adalah orang yang tidak luput dari dosa, tetapi Tuhan Yesus mengajarkan kita dengan belas kasihNya yang besar bagi para pendosa.

Kata-kata Yesus yang penuh pengampunan kita dapatkan juga pada saat melakukan Sakramen Tobat, di mana Tuhan sendiri yang mengampuni dan melupakan semua dosa kita dan kita diperbarui dengan rahmat Tuhan.

Menjadi manusia baru, artinya kita tidak lagi tinggal pada masa lalu yang kelam karena dosa kita, tetapi menjalani saat ini dan masa depan dengan rahmat Tuhan yang tersedia bagi kita. Seperti dikatakan oleh St. Agustinus, `Serahkan masa lalumu pada belas kasih Allah, dan percayakanlah masa depanmu pada penyelenggaraan-Nya. Kemudian isilah saat ini dengan perbuatan kasih yang tulus.`

Tuhan saja Maha Pengampun, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak dapat menerima diri sendiri, juga mengampuni orang lain yang sama juga seperti kita, para pendosa.


(Sr. M. Marleine, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.