Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MEMBALAS KEBAIKAN TUHAN


Senin 11 Jan 2016

Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku? (Mzm 116:12)

1 Sam 1:1-8; Mzm 116:12-14.17-19; Mrk 1:14-20
---o---

Sebelum menjawab pertanyaan dalam ayat di atas, marilah kita refleksikan: Sungguhkah kita menya-dari kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita? Apa-kah kebenaran bahwa Tuhan itu baik hanya berhenti pada pengetahuan atau akal budi belaka, dan tidak sung-guh kita rasakan, tidak sampai meresap dalam hati, dan tidak kita imani dengan seluruh keberadaan kita?

Tuhanlah yang menyelenggarakan kehidupan kita. "Dia yang menciptakanmu mengetahui apa yang ingin diperbuat-Nya denganmu," demikian kata St. Agustinus. Kebaikan-Nya tidaklah terbatas pada hal-hal besar atau mujizat-mujizat yang tidak bisa dijelaskan dengan akal manusia. Setiap detil kehidupan kita tidak luput dari perhatian-Nya, bahkan "rambut kepalamu pun terhitung semuanya" (Mat 10:30).

Bagaimana kita membalas kebaikan Tuhan kepada kita? Ibadah yang baik merupakan jalan yang diungkap-kan oleh pemazmur (bdk. Mzm 116:13-14.17-19). Na-mun, St. Yakobus mengingatkan, "Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya. Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia" (Yak 1:26-27). Marilah kita membalas kebaikan Tuhan dengan menjadi saluran cinta kasih-Nya bagi sesama kita.


(Sr. M. Amadea, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.