Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







DOA YANG DIAJARKAN YESUS


Rabu 05 Okt 2016

Tuhan, ajarlah kami berdoa... (Luk 11:1)

Gal 2:1-2.7-14; Mzm 117:1-2
Luk 11:1-4

---o---

Yesus mengajarkan doa yang amat mesra dan in-dah. Doa 'Bapa Kami' sungguh sangat kaya akan pernyataan cinta, iman dan pengharapan.

Ungkapan 'Bapa' menunjukkan pengakuan akan adanya relasi pribadi yang erat dan kedekatan dengan Allah yang Mahatinggi sebagai Bapa. Pengharapan akan datangnya Kerajaan-Nya menyiratkan adanya pengaku-an terhadap kekudusan dan kedaulatan Allah sebagai Raja. Di samping itu, melalui doa ini, terkandung kerin-duan manusia akan datangnya kerajaan Allah dan agar keperluan makanan jasmani sehari-hari dicukupkan.

Kemudian kita memohon pengampunan dosa yang mengembalikan hubungan kita dengan-Nya. Dosa adalah pelanggaran terhadap perintah Allah dan berakibat pu-tusnya relasi dengan Allah. Kita mohon supaya dijauh-kan dari pencobaan, karena banyak kemungkinan yang membuat manusia jatuh ke dalam dosa sehingga hu-bungan dengan Allah juga rusak. Selain itu ada janji iman untuk ikut serta menegakkan Kerajaan Allah, yang se-cara konkret dimulai dengan melakukan tindakan meng-ampuni orang lain yang bersalah kepadanya.

Dalam doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus ini ter-kandung juga suatu pemahaman bahwa keberadaan jas-maniah yang prima bukan cita-cita tertinggi seorang pengikut Yesus. Keberadan rohani yang bersih dari dosa serta sikap selalu mengampuni adalah penting dalam menghadirkan pemerintahan Allah di dunia ini. Doa menunjukkan sifat total dan utuh dari kehidupan yang di dalamnya Tuhan bertakhta.


(Rm. Giovanni Chrysostom, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.