Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







WASPADA TERHADAP KETAMAKAN


Senin 17 Okt 2016

Pw S. Ignasius dari Antiokhia, Uskup dan Martir

Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu (Luk 12:15)

Ef 2:1-10; Mzm 100:2-5; Luk 12:13-21
---o---

Dalam Injil hari ini, Yesus mengingatkan supaya kita berhati-hati terhadap harta kekayaan du-niawi. Mengapa? Sebab, dalam Kerajaan Surga bukan orang kaya yang memiliki banyak harta duniawi yang paling mulia. Harta dapat membuat orang tamak dan serakah, sehingga mengesampingkan yang utama, yaitu mengejar harta surgawi.

Secara kodratnya, manusia mempunyai kecende-rungan untuk memiliki. Adalah baik bahwa manusia me-miliki harta demi hidupnya. Akan tetapi, kita diingatkan untuk tetap berhati-hati jangan sampai keinginan untuk memiliki harta membutakan mata kita terhadap harta yang paling utama, yaitu Kerajaan Allah. Sampai seka-rang pun tetap saja banyak usaha untuk mengejar harta kekayaan. Siapa yang tidak iri dan cemburu bila melihat orang lain cepat punya mobil, rumah mewah, makanan yang berkelimpahan?

Bagaimana agar kita tidak mudah tergoda? Salah satu caranya adalah dengan tekun merefleksikan hidup ini. Hidup ini untuk apa? Apa dan siapa yang menjadi tujuan hidup saya? Hidup di hadirat Tuhan, 'Vacare Deo,' serta membaca dan merenungkan firman Tuhan juga membantu kita untuk setia dan tetap berpegang pada nilai-nilai Kerajaan Allah.


(Fr. Paschalis Claudius, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.