Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







HATI NURANI YANG BERSIH


Jumat 21 Okt 2016

Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? (Luk 12:56)

Ef 4:1-6; Mzm 24:1-6; Luk 12:54-59
---o---

Dalam bacaan Injil hari ini Yesus memberikan kritikan kepada orang-orang munafik. Mereka adalah orang-orang yang tidak mau percaya ke-pada Tuhan sekalipun Tuhan telah mengerjakan banyak tanda dan mujizat.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita banyak bertemu dengan orang yang memiliki kecerdasan dan banyak karya dalam hidupnya, tetapi tidak bijaksana. Semuanya dinilai berdasarkan logika dan analisanya. Sebaliknya orang yang bijaksana akan bertindak berdasarkan ana-lisa, logika dan hati nurani.

Kebijaksanaan bukan berarti mengandalkan kemam-puan dan kepandaiannya sendiri. Hati nurani yang ber-sih menjadi kriteria yang penting. Bila seseorang memi-liki hati nurani yang bersih, ia akan mampu melihat diri-nya, menerima kelemahan-kelemahannya, serta mem-perbaiki dirinya sehingga hidupnya menjadi lebih baik. Dengan hati nurani yang bersih pula, seseorang menya-dari bahwa ia tidak mampu berbuat apa-apa dari dirinya sendiri, dan dengan demikian mau bersikap rendah hati.

Dunia zaman modern ini sangat membutuhkan orang-orang yang bijaksana agar kehidupan umat manu-sia dipenuhi dengan semangat kasih dan damai yang berasal dari Tuhan. Marilah kita belajar dan mohon kepa-da Tuhan agar kita dapat bertindak bijaksana.


(Sr. M. Sesilia L., P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.