Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







ARTI SEBUAH NAMA


Jumat 23 Des 2016

Hari Biasa Khusus Adven
Pfak S. Yohanes dari Kety, Imam


[...], tetapi ibunya berkata, 'Jangan, ia harus dinamai Yohanes' (Luk 1:60)

Mal 3:1-4; 4:5-6; Mzm 25:4-5.8-10.14
Luk 1:57-66

---o---

Nama itu menunjukkan identitas seseorang. Nama juga mempunyai arti yang khusus bagi orang itu.. Nama bisa mencerminkan pribadi seseorang. Seorang anak diberi nama oleh orang-tuanya terkadang juga menggambarkan kesukaan dari orangtu- anya. Saul dan Samuel misalnya, nama mereka berarti meminta. Orangtua juga memberikan nama kepada anaknya sesuai dengan nama dalam keturunan keluarga mereka.

Elisabet mengatakan bahwa anaknya harus diberi nama Yohanes dan Zakaria pun meneguhkannya. Tentu saja tetangganya heran, karena nama itu tidak ada dalam keluarganya. Nama Yohanes merupakan singkatan dari kata Yehohanan, yang berarti hadiah Yehovah atau Allah yang rahim. Itulah nama yang diperintahkan Allah untuk diberikan kepada kepada anak ini dan itu juga meng- gambarkan ucapan terima kasih orangtuanya atas ke- gembiraan yang tidak terkira itu.

Allah mengutus Yohanes Pembaptis untuk menyiap- kan jalan bagi kedatangan Sang Mesias yang akan me- nyelamatkan umat manusia dari perhambaan dosa. Dia merupakan nabi besar yang diutus Allah untuk merintis jalan bagi karya keselamatan Allah.

Apakah arti nama kita? Apakah nama kita bisa menghadirkan Allah bagi sesama?


(Fr. Eusebius Paulus, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.