Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







HANYA ALLAH SAJA


Selasa 07 Feb 2017

Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat is-tiadat manusia (Mrk 7:8)

Kej 1:20-2:4; Mzm 8:4-9; Mrk 7:1-13
---o---

Setiap negara dan bangsa mempunyai adat-istiadat yang berbeda, baik tata cara hidup maupun bahasa. Unsur adat istiadat ini biasanya sangat mempenga-ruhi kehdupan masyarakat atau kelompok, dan juga ke-hidupan menggerejanya. Misalnya, perayaan Ekaristi. Setiap komunitas atau tempat memiliki ciri khas tersendiri: bahasa, pilihan lagu, musik, gerak, dsbnya. Namun tata perayaan Ekaristinya akan tetap sama.

Ajaran iman kristiani yang benar akan mengubah pola berpikir pribadi atau kelompok yang memiliki adat istiadat yang sangat kuat. Jadi adat istiadat itu bisa diubah, maka kita mengerti bahwa adat istiadat tidak terlalu penting. Yang tidak berubah adalah ajaran Allah. Kita dapat membacanya dalam Kitab Suci dan memprak-tekannya dalam hidup sehari-hari.

Orang yang percaya pada sabda-Nya akan hidup dalam kebenaran-Nya. Yesus telah berbicara melalui para nabi, juga melalui kehidupan pribadi-Nya selama hidup di antara para murid-Nya di dunia, dan juga me-lalui Gereja-Nya. Ada banyak hal yang mempengaruhi kehidupan kita. Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan ajaran Yesus Kristus dan Gereja-Nya, sebaiknya kita ting-galkan. Berpautlah hanya kepada Allah. Marilah kita menaruh kepercayaan kepada Yesus, Allah kita yang hidup.


(Sr. M. Fidelis, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.