Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







JANGAN MUNAFIK


Selasa 14 Feb 2017

Pw S. Sirilus, Pertapa dan Metodius, Uskup

Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes. (Mrk 8:15)

Kej 6:5-8.7:1-5.10; Mzm 29:1-4.9-10; Mrk 8:14-21
---o---

Di puncak pegunungan ada mata air yang jernih, dingin dan segar. Penduduk yang paling tua di sekitar situ mengatakan bahwa di musim panas sekalipun tidak pernah menjumpai kekeringan di sum-ber air itu, tapi sumber air itu bisa tercemar bila ada orang yang mendirikan kandang dan memelihara ternak di atasnya. Maka, air tidak lagi bersih. Namun, saya tidak mengizinkan hal tersebut terjadi di kolam saya. Saya sungguh menjaganya karena dari situlah mengalir air bersih untuk pondok-pondok di sekitarnya.

Pada bacaan Injil hari ini, Yesus mengingatkan rasul-rasul-Nya untuk berjaga dan waspada terhadap ajaran orang Farisi ( Mat 16:12). Yesus takut bahwa rasul-rasul-Nya yang adalah orang-orang sederhana akan membiar-kan diri mereka terpengaruh oleh ajaran orang Farisi. Ia mengingatkan para rasul bahwa orang Farisi memban-gun di atas dasar yang salah. Orang Farisi itu menyadari bahwa ia mempunyai kelemahan-kelemahan seperti orang lain, namun, mereka tidak mempunyai kemauan untuk mengubah diri dan rendah hati untuk minta ban-tuan Allah. Mereka hanya sibuk meneliti aturan yang ada, maka, tidak ada cara lain bagi mereka selain me-nyembunyikan kesalahan-kesalahannya di balik penam-pilan lahiriah yang berbeda dan dengan demikian mereka menjadi orang-orang yang munafik.


(Sr. M. Fidelis, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.