Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







KOMUNITAS CINTA KASIH


Rabu 16 Agust 2017

Pfak St. Stefanus dari Hungaria

Apabila saudaramu berbuat dosa... (Mat 18:15)

Ul 34:1-12; Mzm 66:1-3,5,8,16-17; Mat 18:15-20
---o---

Apakah Anda pernah melihat sekawanan burung yang sedang bermigrasi dalam formasi berbentuk huruf 'V'? Mereka harus terbang sampai ribuan kilometer jauhnya untuk menghindari musim dingin dari satu belahan dunia ke satu belahan dunia lain. Biasanya, di saat kawannya yang paling depan sudah kelelahan, maka yang lain akan menggantikannya untuk memimpin formasi. Juga ketika ada yang tidak lagi sanggup terbang, beberapa ekor burung akan turun bersamanya. Inilah gambaran suatu komunitas yang saling mempedulikan, saling mendukung dan saling mengasihi. Hendaknya demikian pulalah gambaran komunitas-komunitas Kristiani di lingkungan kita.

Komunitas Kristiani adalah komunitas cintakasih. Ketika seseorang jatuh atau melakukan kesalahan tidaklah kita biarkan, melainkan dengan penuh kasih kita bawa kembali ke jalan yang benar sesuai dengan ajaran Yesus dalam bacaan Injil hari ini. Yesus memberikan langkah-langkah yang jelas dalam menegur dan memperbaiki seseorang yang melakukan kesalahan (bdk. Mat 18:15-17). Masih dalam konteks yang sama, di akhir perikop ini Yesus mengajarkan pula supaya kita sebagai komunitas - bahkan bila hanya dua atau tiga orang - mendoakan saudara kita yang berbuat kesalahan, berdoa bagi pertobatannya. Niscaya Tuhan mendengarnya dan akan mengabulkannya (bdk. Mat 18:19-20). Marilah kita menciptakan komunitas Kristiani yang penuh cintakasih.


(Sr. M. Amadea, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.